Mana Pendidikan Berkarakter Madrasah?


Suasana Workshop Pendidikan Berkarakter

Baru-baru ini tanggal 29 dan 30 September 2011, MTsN IV Angkat Candung menyelenggarakan Workshop pendidikan berkarakter yang bertujuan memberi penekanan terhadap watak dan kepribadian siswa, supaya siswa atau peserta didik dapat memiliki karakter yang diinginkan oleh negara Indonesia, yaitu karakter budaya bangsa. karakter yang nantinya diharapkan dapat membawa siswa-siswa menjadi peminpin yang baik, terpuji. Adapun karakter-karakter tersebut sebagai berikut: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mendiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai, pertasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Kedelapan belas karakter itu merupakan tujuan afektif yang harus dimiliki anak setelah mengikuti pembelajaran. Ini adalah suatu kemajuan yang dialami dalam dunia pendidikan, dengan artikata pendidikan bukan saja memberikan pengetahuan kognitif tetapi juga memberikan ranah afektif, sehingga siswa memiliki karakter yang diharapkan.
Bila kita melihat pada lembaga tempat kita melaksanakan aktivitas sehari-hari, tempat kita memberikan pendidikan dan mencari kehidupan, yaitu Madrasah atau Kementerian Agama. Yang di dalamnya ada agama yang begitu sempurna yang dibekali dua mukjizat Alquran dan Hadist, yang memuat banyak karakter dan kepribadian, baik secara tersurat maupun tersirat meliputi segala aspek kehidupan kita. Seharusnya kita melihat, membaca, mengklasifikasikan karakter-karakter yang ada di dalamnya.
Seperti yang diungkapkan oleh Widiaswara Drs. Eryasman dari LPMP Padang “Pendidikan Madrasah sebenarnya telah memiliki karakter yang lebih mantap daripada karakter yang disediakan oleh Dinas Pendidikan, walaupun tidak diselenggarakan Pendidikan Berkarakter, madrasah telah melaksanakan pendidikan berkarakter itu”.
Namun kita sering termenung dengan kondisi yang cepat berkembang, terbuai dengan indahnya nyanyian populer, sehingga lupa dengan nyanyian qasidah, madrasah kita memiliki karakter yang mantap yang tertuang dalam materi-materi pelajaran, namun selama ini tidak terorganisasi dengan baik dan jelas. Dengan adanya pendidikan berkarakter ini, seyogyanya jugalah kita menata karakter Madrasah kita, sehingga di dapat Siswa-siswa yang bukan saja berkarakter bangsa tetapi berkarakter AlQuran Hadits (Irw)

4 responses to “Mana Pendidikan Berkarakter Madrasah?

  1. Assalaamu’alaikum
    Pendidikan di sekolah hanyalah salah satu dari beberapa pendidikan yang harus diberikan pada seoarang anak.. ya kan pak ..???🙂
    Pendidikan terpenting adalah dari orangtua, terutama mengenai pembentukan karakter anak.. Alangkah lebih baiknya jika pendidikan berkarakter seiring berjalan antara rumah dan sekolah..

    Nb: Pak, usul kalau bisa blog ini dibuatkan link nya…biar makin luas jangkauannya…🙂
    (Zr)

  2. I am happy to see my school now… I am proud to be a student of this school…. I want to feel the beauty and the freshness of my beloved MTSN
    proud to have a teacher like my teacher … hopefully the knowledge that you provide to us to be a useful scientific world and the next one … Your service will always be written in the hearts and minds … until death to pick me up .. I love my teacher, I always miss my teachers … forever

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s